Barang Dilarang Impor

Barang Dilarang Impor

Beberapa barang DILARANG impor ke dalam daerah pabean Indonesia. Menteri Perdagangan menetapkan daftar barang yang dilarang untuk diimpor dalam Peraturan Menteri Perdagangan. Pelarangan impor ini dilakukan untuk kepentingan nasional dengan alasan:

  1. Melindungi keamanan nasional atau kepentingan umum, termasuk sosial, budaya, dan moral masyarakat.
  2. Melindungi hak kekayaan intelektual dan/atau
  3. Melindungi kesehatan dan keselamatan manusia, hewan, ikan, tumbuhan dan lingkungan hidup.

Penetapan barang dilarang impor dilakukan berdasarkan usulan dari Menteri atau Kepala Lembaga Pemerintah Nonkementerian. Usulan yang masuk kemudian disepakati dalam rapat koordinasi antar kementerian dan lembaga pemerintah non kementerian.

Untuk dapat mengetahui apa saja barang-barang yang dilarang untuk diimpor maka Anda perlu memahami apa saja ketentuan khusus untuk mengatur barang-barang tersebut. Beberapa contoh peraturan yang dengan tegas menetapkan barang-barang yang dilarang untuk impor tersebut antara lain:

  • Keputusan Menteri Perindustrian dan Perdagangan No. 520/MPP/KEP/8/2003 Tahun 2003 tentang Larangan Impor Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3).

  • Peraturan Bersama Menteri Kelautan dan Perikanan dengan Menteri Perdagangan No. PB.02/MEN/2010 dan No. 52/M-DAG/PER/12/2010 mengenai Larangan Impor Udang untuk Spesies Tertentu ke Wilayah Republik Indonesia.

  • Peraturan Menteri Perdagangan No. 51/M-DAG/PER/7/2015 mengenai Larangan Impor Pakaian Bekas.

  • Larangan impor yang berkaitan dengan jenis bahan yang termasuk Perusak Lapisan Ozon yang sesuai pada lampiran II Peraturan Menteri Perdagangan No. 83/M-DAG/PER/10/2015 mengenai Ketentuan Impor Barang Perusak Lapisan Ozon.

  • Peraturan Kepala Badan Pengawas Tenaga Nuklir No. 2 Tahun 2017 mengenai Larangan dan Pembatasan Ekspor dan Impor Barang Konsumen, Bahan Nuklir, dan Sumber Radiasi Pangan.

Jenis Barang Dilarang Impor

Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 12 Tahun 2020 menetapkan enam jenis atau kategori barang yang dilarang untuk diimpor. Berikut adalah daftar lengkapnya:

  1. Bahan Perusak Lapisan Ozon.
  2. Kantong Bekas, Karung Bekas, dan Pakaian Bekas.
  3. Barang Berbasis Sistem Pendingin Yang Menggunakan Chlorofluorocarbon (CFC) dan Hydrochlorofluorocarbon 22 (HCFC-22).
  4. Bahan Obat dan Makanan Tertentu.
  5. Bahan Berbahaya dan Beracun (B3).
  6. Alat Kesehatan Yang Mengandung Merkuri.

Selain barang yang telah ditetapkan dalam peraturan menteri ini, Menteri Perdagangan dapat menetapkan barang dilarang Impor dengan kriteria tertentu yang ditetapkan dalam peraturan menteri tersendiri.

Share on Facebook Share on Twitter Share on Google