Istilah dalam dunia Ekspor dan Impor Bagian 4

Akhirnya kita masuk bagian 4 ya sobat.
“Jalan – jalan ke Amerika kalau mau bawa oleh-oleh 2 koper besar kira-kira kena pajak apa tidak ya?”

Pertanyaan ini sering muncul dibenak admin nih. Tapi setelah mengenal dunia perdagangan internasional, jadinya terbantu adanya beberapa istilah-istilah yang akan menambah wawasan kita. Masih semangat untuk mengenal istilah dalam dunia Ekspor dan Impor kan? Yuk kita teruskan.

Kali ini kita akan mengenal beberapa istilah yang berkaitan dengan operasional lapangan (Pelabuhan atau Bandara). Apa tuh?

  1. CFS atau Container Freight Station adalah Gudang penimbunan untuk barang konsolidasi atau LCL/Least than Container Load.
  2. CY atau Container Yard adalah lapangan penimbuanan container khusus untuk FCL/Full Container Load.
  3. LCL atau Least than Container Load adalah pengiriman yang digunakan untuk muatan dalam satu kontainer yang diisi beberapa barang sejenis dengan beberapa penerima/pembeli.
  4. FCL atau Full Container Load adalah pengiriman yang digunakan untuk muatan satu kontainer penuh dengan satu pengirim dan penerima.
  5. Warehouse adalah Gudang untuk penampungan barang yang dapat terdiri dari satu tingkat atau beberapa tingkat.
  6. Storage adalah biaya penumpukan container diarea tempat penimbunan sementara.
  7. TEUs atau Twenty Equivalent Units adalah satuan ekuivalen dari peti kemas. Dimana untuk 1 TEU adalah sama dengan ukuran 20ft.
  8. Trailer adalah kendaraan bermotor yang digunakan untuk memindahkan barang dalam container atau peti kemas didalam area Pelabuhan.
  9. Demmurage adalah batas waktu pemakaian container dalam Pelabuhan (CY) mulai dari bongkar (discharge) kapal sampai pintu keluar Pelabuhan (get out) atau sebaliknya.
  10. Detention adalah batas waktu pemakaian container diluar Pelabuhan antara depot out (keluar gudang) container liner sampai masuk ke pintu Pelabuhan atau sebaliknya.

Sementara kita kasih segini dulu ya sobat, nanti kita lanjut di bagian ke 5 (lima). Aku harap kalian tetap semangat dan selalu Bahagia. Sampai jumpa dipertemuan berikutnya.

Penulis: Abdul Jabbar | Marketing Kay Ocean Indonesia.

Share on Facebook Share on Twitter Share on Google