Istilah dalam dunia Ekspor dan Impor Bagian 3

Yuk sobat kay .. Kita teruskan dari pertemuan sebelumnya mengenai istilah dalam dunia Ekspor dan Impor. Kali ini kita akan mengenal istilah tersebut yang agak membutuhkan konsetrasi nih sobat.

  1. Barang tidak dikuasai negara adalah barang yang berada didalam area Pelabuhan (belum keluar) dari TPS lebih dari 30 hari.
  2. Barang dikuasai negara adalah barang yang dilarang atau dibatasi untuk diekspor atau diimpor yang tidak diberikan atau diberitahukan dengan bebar dalam pemberitahuan pabean dengan jangan lebih dari 60 hari di TPP.
  3. Barang milik negara adalah barang yang dinyataan tidak dikuasai oleh negara akibat dari pelarangan untuk diekspor dan impor. Bisa juga dari barang hasil tindak pidana yang ditahan oleh negara.
  4. ATA Carnet adalah dokumen internasional dalam rangka untuk pemasukan (impor) sementara dan pengeluaran (ekspor)barang sementara (temporary admission). Secara sederhana ATA Carnet diistilahkan sebagai “paspor untuk barang”.
  5. ATIGA atau ASEAN Trade in Goods Agreement adalah persetujuan untuk perdagangan bebas barang untuk negara ASEAN.
  6. AWB atau Air Waybill adalah tanda terima yang dikeluarkan oleh airlines (maskapai penerbangan internasional atau domestik) dan bukti kontrak pengangkutan barang.
  7. B/L atau Bill of Lading adalah tanda bukti barang telah dimuat dikapal, digunakan juga sebagai bukti kepemilikan barang dan bukti adanya kontrak atau perjanjian pengangkitan barang melalui laut.
  8. BPBLB (Buku Pas Barang Lintas Batas) adalah buku yang dipakai pejabat bea dan cukai untuk mencatat jenis, jumlah dan nilai pabean atas barang yang dibawa oleh pelintas batas dari luar daerah pabean.
  9. BTKI adalah Buku Tarif Kepabeana Indonesia yang berisi tentang pengklasifikasian barang yang berlaku di Indonesia.
  10. Customs Declaration adalah pemberitahuan pabean atas barang impor yang dibawa oleh penumpang oleh awak sarana pengangkut.

Sementara segini dulu ya sobat, nanti kita lanjut di bagian ke 4 (empat). Aku harap kalian tetap semangat dan selalu Bahagia. Sampai jumpa dipertemuan berikutnya..

Penulis: Abdul Jabbar | Marketing Kay Ocean Indonesia.

Share on Facebook Share on Twitter Share on Google