Istilah dalam dunia Ekspor dan Impor Bagian 2

Masih semangat untuk mengenal istilah dalam Ekspor dan Impor? Yuk kita teruskan dari pertemuan sebelumnya..

  1. Nilai pabean adalah jumlah transaksi yang harus dibayarkan.
  2. Bea Masuk adalah pungutan atas barang yang masuk daerah pabean yang berdasarkan pada UU atas barang yang diimpor.
  3. Tarif adalah klasifikasi atau pembebanan terhadap bea masuk/ bea keluar atas barang yang diimpor maupun diekspor.
  4. Kuota adalah Batasan terhadap barang yang diekspor maupun impor.
  5. BMAD (Bea Masuk Anti Dumping) adalah bea masuk yang dikenakan apabila ada barang impor dijual dengan harga lebih murah dari harga pasarannya dalam negeri (domestik).
  6. BMI (Bea Masuk Imbalan) adalah bea masuk yang dikenakan apabila barang impor tersebut mendapatkan subsidi dari negara pengekspor.
  7. BMTP (Bea Masuk Tindakan Pengamanan) adalah bea yang dikenakan apabila terjadi lonjakan tinggi atas barang impor yang bisa ditemukan dalam negeri. BMTP juga biasa dikenal dengan Tindakan safeguard.
  8. BMP (Bea Masuk Pembalasan) adalah bea masuk yang dikenakan apabila negara pengimpor melakukan tindakan diskriminatif harga atas barang yang kita ekspor.
  9. Impor untuk dipakai adalah memasukkan barang kedaerah pabean dengan tujuan untuk dipakai, dimiliki atau dikuasai oleh orang yang mempunyai tempat tinggal (domisili) di Indonesia dengan cara melunasi bea masuk atau menyerahkan jaminan.
  10. Impor Sementara adalah jika barang yang diimpor akan diekspor Kembali dengan janga waktu maksimal 3 tahun. Barang tersebut dalam pengawasan Direktur Jenderal Bea & Cukai.

Berikut merupakan beberapa dari istilah dalam dunia ekspor dan impor yang perlu kamu ketahui untuk menambah wawasan kamu. Sampai ketemu dipertemuan berikutnya ya.. Jangan sampai ketinggalan ..

Penulis: Abdul Jabbar | Marketing Kay Ocean Indonesia.

Share on Facebook Share on Twitter Share on Google