Prosedur Ekspor Tanaman Hias

Prosedur Ekspor Tanaman Hias

Ekspor tanaman hias saat ini sedang banyak dicari masyarakat. Seiring dengan minat yang tinggi dalam masyarakat terhadap tanaman hias otomatis menimbulkan potensi baru. Salah satu potensi yang dimiliki oleh tanaman hias adalah diekspor ke luar negeri.

Potensi ekspor tanaman hias terbilang sangat menggiurkan. Hal ini dapat dilihat dari minat yang tinggi di Indonesia yang juga secara tidak langsung dapat menggambarkan minat warga negara lain. Tapi masalahnya banyak pihak yang belum mengetahui tentang potensi tanaman hias yang dapat diekspor ke luar negeri. Selain itu, banyak pihak yang masih merasa bingung dengan prosedur atau tata cara ekspor tanaman hias ke luar negeri.

Kami akan mencoba mambantu menerangan bagaimana cara ekspor tanaman hias ke luar negeri. Selain itu juga akan dibahas mengenai potensi ekspor tanaman hias dan kemungkinannya untuk diekspor ke luar negeri dengan mudah.

Potensi Ekspor Tanaman Hias

Tanaman hias masuk ke dalam komoditi ekspor dalam bidang hasil pertanian. Menurut data yang dirilis oleh Badan Pusat Statistika (BPS), pada semester satu tahun 2020 nilai ekspor tanaman hias hanya sekitar US$ 967.500. jumlah ini menjadi penyumbang total eksor bunga sejumlah US$ 2.100.000.

Meski jumlah tersebut dapat dikategorikan besar, tetapi nyatanya jumlah tersebut mengalami penurunan. Hal ini sangat kontras apabila dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Misalnya pada tahun 2015, total ekspor bunga mencapai US$ 18.200.000. Menurunnya nilai ekspor bunga pada tahun 2020 dapat dikarenakan oleh pandemi Covid-19.

Akan tetapi, dengan keadaan masyarakat dan negara yang mulai dapat beradptasi dengan pandemi tentunya diharapkan dapat membawa dampak positif pulsa pada proses ekspor. Hal ini dapat menjadi potensi ekspor yang sangat besar karena BPS juga mengungkapkan bahwa tahun 2018 produksi tanaman hias mencapai 751.784.043.

Hasil yang sangat luar biasa ini tentunya dapat memengaruhi peningkatan produksi pada tahun selanjutnya pula. Dengan melimpahnya hasil produksi tanaman hias tentunya hal ini akan menjadi potensi yang sangat luar biasa untuk urusan ekspor tanaman hias.

Untuk memaksimalkan potensi ini tentunya masyarakat perlu memahami mengenai prosedur ekspor tanaman hias.

Prosedur dan Ekspor Tanaman Hias

Menurut Kamus Besar Bahasa Indnesia, ekspor adalah pengiriman barang dagangan ke luar negeri. Dari pengertian tersebut terlihat jelas bahwa ada proses yang membawa barang dagangan tersebut dapat terbang ke luar negeri. Salah satunya terdapat prosedur yang harus dipenuhi oleh pedagang.

Berikut ini syarat dan prosedur untuk mengekspor tanaman ke luar negeri.

Memiliki Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP)

Surat ini dikelurkan oleh Dinas Perdagangan yang bertujuan untuk mengukuhkan izin usaha Anda. SIUP berfungsi untuk legalisasi dan sumber pendataan pemerintah terhadap suatu usaha.

Dengan memiliki SIUP, usaha Anda menjadi legal dan akan lebih mudah melakukan ekspor. Untuk mengurus SIUP, Anda hanya perlu datang ke Dinas Perdagangan dan mengurusnya.

Memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)

Surat ini dikeluarkan oleh Direktorat Jendral Pajak sebagai tanda pengenal wajib pajak. NPWP berfungsi sebagai tanda pengenal Anda sebagai wajib pajak.

Dengan memiliki NPWP memudahkan Anda dan pemerintah dalam hal perpajakan, khusunya perihal pemungutan pajak penghasilan.

Berbadan hukum

Suatu usaha perlu  dicatat di dalam akta otentik yang dapat dijadikan sebagai payung dan dasar kegiatan usaha sehingga segala jenis kegiatan yang dilakukan usaha tersebut dianggap legal.

Memiliki izin edar benih

Setelah memiliki semua persyaratan tersebut, dokumen dibawa ke Badan Karantina Pertanian agar mendapatkan Phytosanitary atau bisa diibaratkan sebagai dokumen impor yang dapat digunakan untuk membawa barang ekspor tersebut ke luar negeri.

Cara Ekspor Tanaman Hias

Setelah mengetahui tentang prosedur yang harus dilakukan untuk mengirim tanaman Hias, selanjutnya kami akan membantu Anda mengetahui cara mengekspornya.

Melihat prosedur dan berkas yang perlu disiapkan, tentunya hal ini akan sangat merepotkan. Tenang saja, saat ini ada ekspedisi yang menyediakan jasa untuk membantu kegiatan ekspor Anda.

Berikut ini cara untuk mendapatkan jasa ekspor tanaman hias:

  1. Cari informasi mengenai penyedia jasa ekspor.
  2. Hubungi atau datangi langsung kantir penyedia jasa tersebut.
  3. Komunikasaikan dan konsultasikan maksud dan kendala yang Anda hadapi.
  4. Pihak Ekspedisi akan menyarankan dan menawarkan beberapa alternatif bagi Anda.
  5. Tentukan langkah dan penuhi segala hal yang diperlukan oleh jasa ekspedisi.

Sumber: misterexportir.com

Share on Facebook Share on Twitter Share on Google